Mesir adalah negeri yang banyak menyimpan khazanah. Negeri ini memiliki banyak gelar seperti negeri para Nabi, negeri para ulama, negeri seribu menara, “ibunda dunia” (umm ad-dunya), negeri piramida, dan sejumlah gelar lainnya.

Sampai saat ini Mesir menjadi destinasi menarik para peneliti dan turis dunia, selain menjadi tujuan para pencari ilmu agama (Islam). Bahkan Mesir dengan sejarah panjangnya diabadikan dalam Al-Qur’an. Berikut adalah beberapa kutipan ayat yang menyebutkan kata “Mesir” dalam Al-Qur’an:

  1. Yunus ayat 87

“Dan kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: “ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu shalat serta gembirakanlah orang-orang yang beriman” (Q. 10: 87).

Ayat ini memerintahkan kepada Musa dan saudaranya untuk menjadikan rumah-rumah mereka di Mesir sebagai tempat tinggal sekaligus tempat shalat menghadap kiblat. Menurut Mujahid (seperti dikutip Al-Qurthubi dan Al-Thabari), kata “Mesir” yang dimaksud dalam ayat ini adalah Iskandariah. Sedang menurut Al-Dhahhak yang dimaksud adalah negeri Mesir itu sendiri. Menurut Al-Qurthubi dalam tafsirnya “Jami’ li Ahkam al-Qur’an” menyatakan Mesir terletak antara laut dan kota Aswan, sedangkan